Jumat, 29 Oktober 2010

TOKOH ISLAM : (Mazhab) IMAM SYAFI'I

Tokoh Islam (Mazhab)Iman Syafi'i  adalah seorang tokoh  islam  yang lahir pada tahun 150 h bersamaan dengan wafatnya tokoh islam yang lain yaitu Imam ABU HANAFI (Imam mazhab). tempat lahir tokoh islam yang terkenal dengan mazhab nya ini dalam riwayat menyebutkan beberapa tempat tetapi yang paling masyur adalah di kota Ghazza tepatnya disebelah selatan kota Palestina. Ketika berumur 2 tahun tokoh islam /mazhab (syafi') ini dibawa oleh ibunya hijrah ke negri Hijaz dan berbaur dengan penduduk negri ini yg keturunan Yaman. Saat berumur 10 tahun tokoh islam  ini pindah ke MEKAH. Imam Syafi'i ( tokoh islam/Mazhab) dan ibunya tinggal dekat Al-Khaif. Oleh ibunya Imam Syafi'i dimasukkan kesekolah hapalan Al-Qur'an (kitab suci islam ), karena kecerdasan dan kecepatannya dalam menghapal Al-Qur'an (kitab suci islam) sang guru merasa malu dan tidak tega memungut bayaran, selain itu Imam Syafi'i (tokoh islam) sering kali diminta untuk mengawasi murid-murid yg lain. Ketika mencapai usia baligh Imam Syafi'i (tokoh islam) telah menjadi seorang guru.
Walaupun hidup dalam kemiskinan Imam Syafi'i (tokoh Islam ) tidak pernah patah semangat dalam menuntuk ilmu.Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab) sering mengumpulkan tembikar, tulang unta,pelepah kurma potongan kulit untuk digunakan sebagai alat tulis.

Riwayat menyebutkan Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazab ) telah hapal Al-Qur'an pada umur 7 tahun, lalu Imam Syafi'i (tokoh Islam/Mazhab ) membaca kitab Al-Muwaththa karangan Imam Malik  (imam mazhab/Mazhab ) pada saat beliau berumur 12 tahun, sebelum beliau berjumpa dan belajar langsung pada Imam MALIK ( tokoh Islam/Mazhab) di Madinah
Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab ) juga mempelajari bahasa Arab dan syair-syair.Karena pernah tinggal dengan suku Hudzail yang terkenal kefasihan dan kemurnian bahasanya maka tidak heran bahasa Arab beliau sanga baik.

Atas nasehat 2(dua) orang ulama yaitu Muslim bin Khalid Az-Zanji seorang mufti(imam besar agama islam) kota mekah dan Al-Husain bin'Ali bin Yazid agar Imam Syafi'i (tokoh Islam/Mazhab) mempelajari ilmu FIQIH ( ilmu hukum islam) maka beliau melakukan pengembaraan untuk menuntut ilmu.

Pertama-tama  Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab ) belajar kepada ulama-ulama kota Mekah seperti Muslim bin Khalid, Dawud bin Abdurrahman Al-Athan, Muhammad bin Ali Syafi ( masih terhitung paman jauh beliau) dll. Di Mekah ini beliau belajar ilmu Fiqih (ilmu hukum islam/Mazhab), Hadish (ilmu hukum islam ), Laghoh dan kitab Al-Muwaththah karangan imam MALIK (imam mazhab/Mazhab).

Setelah itu Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab ) hijrah ( dalam pengertian Islam pindah ) ke Madinah dan belajar langsung kepada Imam Malik (tokoh Islam/imam mazhab ). dihadapan imam Malik ( tokoh Islam/Mazhab ) belajar membacakan kitab Al-Muwaththa sehingga membuat imam Malik (tokoh Islam/Mazhab ) terkagum-kagum akan hafalannya. Imam Syafi'i ( tokoh Islam/azhab ) menjadi murid imam Malik  (tokoh Islam/Mazhab )yang wafat pada tahun 179 H. Selain kepada imam Malik (tokoh Islam/Mazhab ) Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab )juga belajar kepada beberapa orang ulama ( pemuka Islam/Mazhab) lainnya di Madinah.

Setelah pulang sebentar ke Mekah Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab ) kemudian melanjutkan pengembaraanya untuk menuntut ilmu ke Yaman. Di Yaman beliau belajar kepada Mutharrif bin Mazin dan Hisyam bin Yusuf al-Qadhi serta yang lainnya.

Beliau kemudian dibawa ke Baghdad dengan tuduhan sebagai pemberontak, karena kepandainya dalam ilmu fiqih ( Hukum IslamMazhab ) dan pembelaan dari Muhmmad bin al-Hasan seorang ahli fiqih ( hukum Islam ) di Irak maka khalifah Harun ar-Ryasid membebaskan Imam Syfi'i ( tokoh Islam/Mazhab ).

Di Baghdad Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab ) kembali pada kegiatan asalnya yaitu menuntut ilmu. Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab ) belajar/berguru pada Muhammad bin al-Hasan yang mana beliau adalah bermashab Hanafi  sebagaimana orang Irak umumnya.

Setelah menimba ilmu di Irak kemudian Imam Syafi'i ( tokoh  Islam/Mazhab) kembali ke Mekah. Pada saat itu nama beliau mulai dikenal. Pada saat musim haji, mereka-mereka yang  telah mengenal nama beliau dan ilmunya yang mengagumkan bersemangat mengikuti pengajarannya, salah satu diantara mereka adalah imam AHMAD bin HAMBAL ( tokoh Islam/Mazhab ). Atas saran dari Imam Abdurrahman bin Mahdi meminta beliau menulis sebuah kitab( mazhab), kemudian Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab ) menulis sebuah kitab yang terkenal yaitu AR-RISALAH. Pada tahun 197 Imam Syafi'i ( tokoh Islam/Mazhab ) mulai menyebarkan mazhab nya sendiri sehingga banyaklah orang yang berminat belajar kepada Imam Syafi'i (tokoh islam/ Mazhab)

Imam Syafi'i wafat  (tokoh islam/Mazhab)pada ahun 204 H pada hari terkhir bulan Rajab pada malam jum'at setelah saat isya ketika berumur 54 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar