Sabtu, 20 November 2010

AJARAN SYEKH ABDUL MUHYI PAMIJAHAN

 Ajaran Syekh Abdul Muhyi Pamijahan menurut versi Syekh Haji Muhyiddin putranya  yang berjudul " MARTABAT ALAM TUJUH / MARTABAT KANG PITUTU. yang sekarang terdapat di museum di belanda. Ajaran Syekh Abduk Muhyi Pamijahan ini berasal dari   ajaran  tasawuf/tarekat WAHDATUL WUJUD / KESATUAN WUJUD. 

Menurut ajaran " Martabat Alam tujuh" seperti yang tertuang di dalam Martabat  Kang pitutu, Wujud yang hakiki mempunyai tujuh (7) martabat yaitu :

1. AHADIYAH / HAKIKI SEJATI ALLAH SWT

2.WAHDAH, HAKIKAT MUHAMMAD SAW.

3. WAHIDIYAH, HAKIKAT ADAM AS

4. ALAM ARWAH HAKIKAT NYAWA

5.ALAM MISAL HAKIKAT SEGALA BENTUK

6. ALAM AJSAM HAKIKAT  TUBUH 

7. ALAM INSAN HAKIKAT MANUSIA.

Kesemua bermuara kepada satu yaitu AHADIYAH ,yaitu ALLAH SWT. Dalam menjelaskan ketujuh ( 7 ) martabat ini Syekh Abdul Muhyi Pamijahan pertama-tama menggaris bawahi perbedaan antara tuhan dan hamba Nya, agar sesuai dengan ajaran Syekh Abdur Rauf Singkel       dimana orang  / manusia diharapkan tidak terjebak identiknya alam dengan tuhan.

Ia mengatakan wujud tuhan itu Qadim ( Azali dan Abadi ) sementara keadaan hamba adalah Muhdas ( Baru ). Dari tujuh ( 7 ) martabat itu yang Qodim meliputi Martabat Ahadiyah , Wahdah dan Wahiddiyah  merupakan martabat keesaan Allah SWT yang tersembunyi dari pengetahuan manusia, inilah yang di sebut sebagai Wujudullah. Empat ( 4 ) martabat lainnya termasuk Muhdas yaitu martabat yang serba mungkin dan yang terwujud setelah Allah SWT memfirmankan " KUN " jadilah.

selanjutnya Ia melalui martabat tujuh ini menjelaskan konsep insan kamil ( manusia yang sempurna ). Konsep ini merupakan tujuan pencapaian aktivitas sufi yang hanya bisa di raih dengan penyempurnaan martabat manusia agar sedekat-dekatnya "mirip" dengan Allah.









1 komentar: