Jumat, 12 November 2010

SUNAN KALI JAGA/RADEN SYAID


SUNAN KALIJAGA/RADEN SYAID/LOKAJAYA/SYEKH MALAYA/PANGERAN TUBAN/RADEN ABDURRAHMAN

Lahir 1450 M ayahanda dari Sunan Giri.  Sunan Kaljaga adalah anak adipati Tuban yang bernama Arya Wilatika  keturunan Ronggolawe seorang tokoh pemberontak terhadap kerajaan majapahit.

Asal usul nama kalijaga karena Beliau pernah hidup di Cirebon tepatnya di dusun kalijaga dan beliau bersahat erat dengan Sunan Gunung Jati. Sedangkan masyarakat Jawa  mengaitkan dengan kebiasaan beliau yang gemar berendam  di kali atau "jagakali". Ada juga yang berpendapat berasal dari bahasa Arab "Qadli dzaga" yang merujuk kepada statusnya "penghulu suci" kesultanan.

Umurnya diperkirakan sekitar 100 tahun. Dengan demikian Ia mengalami masa pemerintahan Demak, Cirebon, Banter serta berakhirnya masa pemerintahan Majapahit. (!478 ), serta masa pemerintahan kesultanan pajang ( 1546 ), dan juga mulai berdirinya kerajaan Mataram dibawah pemimpin Panembahan Senopati

Sunan Kaljaga ikut merancang mesjid agung Demak dan Cirebon. Bahkan tiang tatal yang merupakan salah satu tiang penyanggah utama adalah hasil karya Beliau.


Dalam berdakwah Ia mempunyai pola yang sama dengan gurunya sekligus sahabatnya Sunan Bonang. Paham keagamaanya cenderung sufistik berbasis salaf bukan sufi panteistik pemujaan semata. Ia memilih berkeseniaan dan kebudayaan sebagai sarana dakwah. Ia sangat toleran terhadap budaya lokal. Ia berpendapat apabila islam sudah dipahami dengan sendirinya kebiasaan/kebudayaan lokal akan hilang dengan sendirinya.


Ia menggunakan seni ukir, wayang ,gamelan, serta seni suara suluk sebagai sarana dakwah. Dia adalah pencipta baju takwa, perayaan sekatenan, grebeb maulud,layang kalisada lakonwayang petruk jadi raja. Landskip pusat kota dengan alu-alun, mesjid dan dua pohon beringin adalah karyanya.


Sebagian Adipati di jawa masuk islam atas jasanya. Diantara merek adalah, Adipti Padanaran, Kebumen, Banyumas, serta pajang ( sekarang kota gede-jogja)




 Beliau dimakamkan di kadilangu yaitu arah selatan kota demak.


1 komentar:

  1. Terimakasih telah berbagi semoga semua amal ibadahnya di terima ALLAH SWT Aamin

    BalasHapus