Jumat, 12 November 2010

SUNAN GUNUNG JATI/SULTAN SYARIF HIDAYAHTULLAH


Lahir pada tahun 1448 dari ibu Rara Santang putri dari Raja Pajajaran Raden Manah Rarasa, sedangkan ayahnya Sultan Syarif Abdullah Maulana Huda seorang pembesar Mesir keturunan Bani Hasyim dari Palestina.

Ia mendalami agama Islam sejak berusia 14 thn dari para ulama di Mesir. Sempat berkelana kebeberapa negara sebelum menetap di Cirebon. Atas restu kalangan ulama lainnya menyusul berdirinya kerajaan Demak Bintoro maka Ia pun mendirikan Kesultanan Cirebon yang dikenal sebagai Kesultanan Pakungwati. Ia memanfaatkan pengaruhnya sebagai putra (menantu) Raja Pajajaran untuk menyebarkan agama islam ke pesisir Cirebon, kepedalaman Pasundan atau Priangan.

Dalam berdakwah Ia cenderung menganut cara-cara timur tengah yang tegas dan lugas, namun Ia juga mendekati rakyat dengan membangun infra struktur berupa jalan-jalan yang menghubungkan antar wilayah. Bersama putranya maulana Hasanuddin  mereka melakukan ekspedisi ke  Banten. penguasa setempat yaitu Pucuk Umum menyerahkan dengan sukarela wilayah Banten yang kemudian menjadi cikal bakal Kesultanan Banten

Pada usia 89 thn Ia mundur dari jabatannya dan menekuni dakwah.

Ia wafat pada tahun 1568 dalam usia 120 thn dan di makamkan di daerah Cirebon dari arah barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar