Jumat, 12 November 2010

SUNAN GIRI/RADEN PAKU/MUHAMMAD AINUL YAQIN.

SUNAN GIRI/RADEN PAKU/MUHAMMAD AINUL YAQIN/JAKA SAMUDRA/PRABU SATMATA/SULTAN ABDUL FAQIH

Lahir di Blambangan kini banyu wangi pada tahun 1442  M. Ayahnya Maulana Ishak adik dari Maulana Malik Ibrahim atau sunan Gresik.

Sunan Giri menuntuk ilmu di pesantren Sunan Ampel. Sempat berkelana ke Samudera Pasai  dan Malaka .

Mendirikan pesantren di daerah pebukitan Sido Mukti, selatan Gresik. Dalam bahasa jawa bukit adakah giri oleh karena itu beliau disebut Sunan Giri.

Pesantren nya bukan hanya sebagai tempat belajar agama islam, tetapi juga sebagai tempat pengembangan masyarakat. Konon karena  raja Maja pahit khawatir Beliau mencetuskan pemberontakan maka Beliau diberi kekuasaan untuk mengatur masyarakatnya dengan pemerintahan sendiri. Maka pesantrennya berkembang menjadi salah satu pusat kekuasaan yang disebut GIRI KEDATON. Sebagai pemimpin pemerintahan dengan gelar Prabu Satmata.

Ketika Raden Patah memisahkan diri dari Majapahit dan mendirikan kesultanan Demak. Sunan Giri  bertindak sebagai penasehat dan panglima perang. kesultanan Demak tidak lepas dari pengaruh Sunan Giri. Ia adalah Mufti ( pemimpin tertinggi agama islam) setanah jawa.

Giri Kedaton sanggup bertahan selama 200 tahun. Salah seorang penerus nya yang terkenal adalah  Amangkurt II yang pada abad ke 18 sangat gigih menentang voc.,

Para santri pesantren giri juga dikenal sebagai penyebar agama islam yang gigih ke berbagai pulau seperti Bawean, Kangean, Ternate, Nusa Tenggara dan Sulawesi.

Dalam ilmu keagamaan Beliau dikenal mempunyai yang luas dalam ilmu fiqih, sehingga masyarakat memberinya gelar Sultan Abdul Faqih.

Permainan anak-anak jelungan, ilir-ilir, cublak suweng, Gending  Asmaradana,pacung  lagu yang bernuansa islam adalah hasil karyanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar