Jumat, 12 November 2010

SUNAN GRESIK



Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim atau Syekh Maghribi atau Syekh Ibrahim Asmarakandi adalah anggota  wali songo. Beliau termasuk anggota wali songo yang paling senior karena termasuk anggota yang pertama-tama sekali. Syekh Maghribi gelar yang diberikan oleh masayarakat pada waktu itu , kemungkinan menisbakan asal beliau yang menurut beberapa riwayat berasal dari Maghribi,Maroko, Afrika Utara. , Selain itu ada juga menurut babad tanah jawi nama beliau adalah Syekh Ibrahim Asmarakandi yang menunjukan asal beliau dari Samarkand yaitu suatu daerah yang ada di Asia tengah. Akan tetapi pada prasasti di Gapura dimakam Beliau di Gresik pada baris kelima mengindikasikan Beliau berasal dari khasan yaitu suatu derah di Iran.


Saat pertama kali datang ketanah Jawa Beliau datang bersama ayahnya yaitu Syekh Jumadil Qubro dan adiknya yaitu Maulana Ishaq, sebagai pedagang rempah-rempah. Dearah Manyar adalah daerah yang pertama-tama mereka melakukan aktifitas, sebelum akhirnya oleh raja majapahit saat itu beliau di beri sebidang tanah di pinggir kota Gresik yang saat ini bernama desa Gapura.

Sebelum bermukin di gresik beliau yang saat pertama datang bersama ayah dan adiknya terlebih dahulu berpisah. Syekh Jumadil Qubro tetap di Jawa, sedangkan Maulana Malik Ibrahim pergi ke negeri Champa atau kamboja saat ini, dan adiknya Maulana Ishaq pergi ke Samudra Pasai yaitu suatu daerah di Provinsi Aceh. Di Negeri Champa Beliau menikah dengan putri RajaChampa dan di anugerahi dua orang putra yaitu Raden Rahmat Atau yang di kenal sebagai Sunan Ampel dan Raden Santri atau Said Ali Murtadha. Adapun Sunan Giri adalah anak dari adik beliau yaitu Maulana Ishaq.

Selain Syi'ar agama beliau juga mengajari masyarakat cara bercocok tanam dan mengobati orang sakit tanpa harus membayar. Sunan Gresik juga mendirikan pesantren-pesantren untuk mendidik kader-kader yang memperjuangkan penegakan agama Islam. Hingga saat ini Makam Beliau masih banyak orang yang berziara untuk menghargai usaha-usaha Beliau menyebarkan  agama Islam berabad-abad silam.

Pada tahun 1419 M beliau wafat dan dimakamkan di Gapura wetan, Gresik, Jawa Timur.





dikutip dari Ensiklopedia berbahasa Indonesia dengan judul SUNAN GRESIK pada tanggl 13 nov 2010


Tidak ada komentar:

Posting Komentar